Minggu, 19 November 2017

SEPAK BOLA (BAGIAN 1)

Prestasi Olahraga Sepak Bola Adalah, Prestasi Olahraga Sepak Bola Artikel, Prestasi Olahraga Sepak Bola Teknik

Prestasi Olahraga Sepak Bola Adalah, Prestasi Olahraga Sepak Bola Artikel, Prestasi Olahraga Sepak Bola Teknik, Prestasi Olahraga Sepak Bola Teknik Shot, Prestasi Olahraga Sepak Bola Sejarah, Prestasi Olahraga Sepak Bola Shot, Prestasi Olahraga Sepak Bola Dan Pengertian, Prestasi Olahraga Sepak Bola Dan Penjelasannya, Prestasi Olahraga Sepak Bola Fifa, Prestasi Olahraga Sepak Bola Ukuran Lapangan.

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bloa sebagai permainannya yang umum terbuat dari kulit. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang berbeda yang beranggotakan masing - masing tim sejumlah 11 (sebelas) orang pemain. Pada awal abad21,olahraga sepak bola ini telah dimainkan di 200 negara dan lebih dari 250 juta manusia yang sudah memainkann olahraga ini.
Olahraga sepak bola ini dimainkan dengan cara mencetak gol sebanyak-sebanyaknya dengan cara memasukan bola kedalam gawang tim lawan, olahraga sepak bola ini dimainkan di mainkan di lapangan yang berbentuk persegi panjang yang berumput asli atau sintestis.
Pemain
Dalam olahraga sepak bola setiap tim beranggotan 11 pemain yang terdiri dari:
1. Penjaga Gawang (Keeper)
Penjaga gawang ialah seorang pemain yang bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola yang disepak oleh pemain tim lawan dan penjaga gawang mendapotkan keiistimewan yaitu diperbolehkan untuk memegang bola dengan kedua tangannya. Jumlah penjaga gawang hanya 1untuk setiap timnya.
2. Pemain Bertahan (Back)
Pemain bertahan  ialah pemain yang bertugas untuk menghalangi bola atau pemain lawan agar tidak memasuki daerah bertahan dan berhadapan dengan penjaga gawang atau keeper.
3. Pemain tengah (Playmaker/gelandang)
            Pemain tengah ialah pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan, membantu pemain penyerang ataupun membantu pemain belakang untuk menghalau musuh agar tidak masuk daerah pertahanan.
4. Pemain serang (strike)
            Pemain serang ialah pemain yang bertugas untuk menembus area pertahanan tim lawan yang bertujuan untuk memasukan bola kedalam gawang musuh.
Lapangan
            Dalam pertandingan  internasional lapangan sepak bola memjiliki ukuran dengan panjang 100-200 meter dan 65-75 meter. Di ujung tengah kedua sisi lapangan terdapat 2 gawang dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter, di depan gawang terdapat area penalti dengan ukuran 16.5 meter yang berfungsi sebagai daerah eksekusi penalti dan batas kiper boleh memegang bola.
Lama Pertandingan
            Dalam olahrga sepak bola setiap pertandingan lama pertandingan 2x45 menit dengan 15 menit untuk istirahat, namun jika kedudukan tetap seri dapat dilanjutkan 2x15 menit dengan catatan disetujui panitia pertandingan, dan jika nilai tetap seri akan dianjutkan sesi penalti.
            Wasit dapat menambahkan waktu disisa-sisa akhir pertandingan sebagai ganti waktu yang terbuang akibat pergantian pemain, pelanggaran ataupun terdapat pemain yang cedera yang memakan waktu pertamdingan cukup lama.
Pelanggaran
            Wasit dapat mengeluarkan kartu kuning maupun kartu merah untuk pemain yang melakukan pelanggaran cukup, setiap pemain yang menerima kartu kuning dapat melanjutkan pertandingannya namun jika pemain mendapatkan kartu kuning kembali pemain akan diusir dan tidak boleh digantikan oleh pemain pengganti, dan kartu merah pemain akan dikeluarkan dari pertandingan dan tidak boleh digantikan oleh pemain pengganti.
Kejuaraan Dunia
            FIFA (Fédération Internationale de Football Association) sebagai induk organisasi sepak bola dunia menyelenggarakan Kejuaraan terbesar sepak bola internasional dengan nama piala dunia (World Cup)yang  diselenggarakan 4 tahun sekali pada tahun 1930 di Uruguay.

            Copa Amerika sebagai pertandingan internasional tertua diselenggarakan di wilayah Benua Amerika yang diselenggarakan 2 tahun sekali, di benua Asia terdapat juga pertandingan internasional dengan nama AFC (Asian Football Confederation) dan Timor Leste dan Australia ikut dalan pertandingan AFC. Dikawasan benua Eropa terdapat UEFA European Championship atau Piala Uero. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar