Minggu, 05 November 2017

PENGERTIAN, STRATEGI DAN TEKNIK BERMAIN CATUR

Prestasi Olahraga Catur Adalah, Prestasi Olahraga Catur Atau Bukan, Prestasi Olahraga Catur Artikel, Prestasi Olahraga Catur Apakah, Prestasi Olahraga Catur Asal, Prestasi Olahraga Catur Alat, Prestasi Olahraga Catur Artikel Tentang, Prestasi Olahraga Catur Artikel Cabang, Prestasi Olahraga Catur Bidang, Prestasi Olahraga Catur Berita

Olahragaku, Pengertian Olahragaku, Olahragaku Catur

 
Catur merupakan permainan yang melibatkan pikiran dan dimainkan oleh dua orang saja. Pecatur adalah sebutan untuk orang yang memainkan permainan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu atau satu melawan banyak orang (apabila dalam keadaan informal). Sebelum memulai pertandingan, terlebih para pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Dalam permainan catur terdapat dua warna yang membedakan, yaitu hitam dan putih. Pemain yang memegang buah warna putih adalah yang memulai langkah pertama, setelah itu diikuti oleh pemain yang memegang buah warna hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Terdapat beberapa teknik bermain catur:
  1. STRATEGI
    Dalam permainan catur strategi tidak hanya terdapat saat permainan tengah dan permainan akhir. Perlunya strategi pada awal bermain catur juga sangat diperlukan. Hal ini mempunyai maksud seperti bagaimana menentukan pembukaan yang cocok untuk lawan tertentu. Pada saat permainan tengah sering membuat strategi yang digunakan untuk membuat rencana jangka panjang. Strategi juga harus ditentukan dan dibuat untuk memilih langkah yang bagus dalam permainan. Para pemain catur perlu menggunakan intuisi berdasarkan kemungkinan taktik/teknik, pemahaman posisi lawan, dan perlunya ketelitian penglihatan terhadap pola-pola tema.
  2. PEMAHAMAN POSISI
    Tentu saja tujuan akhir dalam bermain yaitu untuk dapat bermain catur dengan baik. Dalam hal ini pemahaman posisi merupakan suatu dasar yang sangat penting untuk dapat menentukan dengan cepat bagaimana cara bermain dalam posisi-posisi tertentu. Apabila pemahaman situasi kondisi sangat baik dalam permainan ini, maka ini sangat baik untuk menentukan mana kandidat yang akan dimainkan terlebih dahulu. Selain itu pemahaman kondisi juga bisa agar dapat memanajemen waktu.
  3. TEKNIK KALKULASI
    Ada beberapa teknik untuk mempelajari teknik mengkalkulasi dengan baik. Salah satunya adalah “Kotovsystem”. Teknik ini dapat dipelajari dalam buku catur klasik yang cukup terkenal yaitu “Think Like Grandmaster”. Pada buku ini Kotov menjelaskan beberapa cara untuk melakukan kalkulasi dengan berbagai aturan yang tidak boleh di langgar. Pada era catur modern terdapat beberapa teknik untuk melakukan kalkulasi yang dapat dipelajari.
  4. TAKTIK, PERMAINAN AKHIR DAN TEORI PEMBUKAAN
    Taktik dan Teori Pembukaan adalah bagian yang paling mudah dipelajari dalam permainan catur. Untuk teori pembukaan dapat di mulai dengan mempelajari berbagai macam pembukaan yang di khususkan untuk pecatur dengan rating di bawah master. Kit dapat mempelajari pembukaan catur yang kompleks apabila sudah berada pada level master. Hal ini perlu di perhatikan karena, belum memerlukan teori opening yang kompleks di turnamen-turnamen yang akan ikuti. Kebanyakan para pemain catur akan menghindari pembukaan catur yang kompleks pada turnamen yang sedang diikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar